Posted by: nazar djeumpa | December 7, 2010

Crop Circle

This slideshow requires JavaScript.

Crop Circle, sebutan yang diperkenalkan oleh Colin Andrew, seorang peneliti cukup ternama di dunia. Sebutan yang merujuk pada lingkaran tanaman berbentuk pola, simbol atau formasi aneh dan terjadi dibanyak negara di dunia. Crop Circle muncul di ladang gandum, ladang jagung, sawah, dan kebun bunga. Cerita Crop Circle telah ada sejak tahun 1678 dengan cerita yang berhubungan dengan aktifitas setan.

Fenomena Crop Circle pada era modern diawali pada abad ke-20, kemunculan cukup drastis terjadi pada tahun 90-an. Pada tahun 90-an, pola yang muncul semakin rumit dan kompleks, setidaknya ada 190 formasi ditemukan dan didokumentasikan pada tahun 1999, mungkin suatu pertanda apa yang akan terjadi di millenium baru.

Crop Circle dilaporkan di Eropa sejak pertengahan abad ke-20. Laporan di Amerika Serikat sejak tahun 1920, di Afrika, Kanada, Australia, dan Rusia pada tahun 1970. Laporan di Jepang muncul pada akhir tahun 70-an.

Crop Circle yang terbentuk tidak membuat batang tanaman menjadi patah, batang tanaman tersebut hanya merunduk membentuk suatu pola, simbol atau formasi apabila di lihat dari langit. Hingga kini, ada sekitar 12.000 Crop Circle yang dilaporkan diseluruh dunia.

Crop Circle termasuk dalam “Top 10 Earth Mysteries”. Beberapa teori diajukan untuk menjelaskan fenomena ini, diantaranya yaitu sumber air yang mengering dimusim panas menyebabkan anomali pada ladang gandum, dan ladang lainnya. Teori yang lain, disebabkan gelombang elektromagnet dari petir, dengan pertimbangan beberapa Crop Circle muncul setelah badai petir terjadi.

Apakah anomali pada ladang dan gelombang elektromagnet dapat membuat sebuah pola yang indah ?
Teori diatas tidak dapat menjawab pertanyaan ini.
Atau Crop Circle dibuat oleh tangan manusia ?
Ada beberapa nama yang mengaku bahwa mereka bertanggung jawab atas Crop Circle yang muncul. Mungkin saja ada Crop Circle yang memang “hasil karya” mereka, tapi tidak semua.Beberapa Crop Circle tidak meninggalkan jejak kaki manusia. Selain itu, ditemukan partikel besi berdiameter 10-50 mikrometer yang tersebar secara merata di formasi yang terbentuk. Partikel besi secara merata ini yang tidak dapat “ditiru” oleh Discovery Channel dan insinyur-insinyur aeronautic pada saat mencoba membuat Crop Circle, walaupun menggunakan teknologi canggih. Percobaan tersebut dilakukan tahun 2002, lagipula memerlukan waktu cukup lama untuk membuat satu buah Crop Circle. Konon suatu ketika, sebuah pesawat terbang melintas di sebuah ladang yang tidak memiliki formasi apapun, karena suatu hal mereka kembali melintas diladang tersebut 25 menit kemudian, mereka terkejut karena melihat Crop Circle telah terbentuk di ladang tersebut. Ketika sains tidak dapat menjelaskan, maka pemikiran akan tertuju ke alien. Mungkinkan Crop Circle adalah jejak yang ditinggalkan UFO atau disebabkan suatu gelombang elektromagnetik yang dipancarkan dari ruang angkasa ?

Pada tahun 2001, sebuah Crop Circle yang membentuk seperti kode biner muncul di sebuah ladang tepat di seberang stasiun pemancar radio yang pernah mengirim sinyal/ pesan ke luar angkasa dengan tujuan mencari kehidupan, mungkin mereka telah mendapatkan jawaban dari luar angkasa.

Pada malam saat kemunculan Crop Circle, listrik sekitar lokasi padam, tidak ada sinyal handphone, mesin mobil membandel untuk dinyalakan, bola-bola api bercahaya terlihat di angkasa, hewan-hewan panik beberapa saat sebelum hening mencekam hingga radius 20 km. Demikian keterangan yang diberikan saksi-saksi.

Dalam sebuah cuplikan video, terlihat sebuah objek berbentuk bola cahaya terbang di sekitar ladang, batang tanaman kemudian tertekuk membentuk suatu motif lingkaran, seolah-olah batang tanaman tersebut diberi panas dengan intensitas tinggi. Video ini merujuk ke aktifitas UFO, kebenarannya belum terkonfirmasi.

Kabar yang beredar, beberapa Crop Circle membentuk simbol yang belum pernah dibuat oleh seniman, ilmuwan, atau ahli matematika manapun di dunia. Salah satu pola yang muncul sangatlah rumit, sehingga hanya dapat dipecahkan oleh seorang ahli Astrofisika. Sehingga memunculkan dugaan bahwa Crop Circle diciptakan oleh suatu kecerdasan selain manusia, yang mungkin mencoba mengajari sesuatu kepada manusia.

Crop Circle belum dapat dijelaskan secara ilmiah, simbol-simbol yang muncul bagaikan ilmu pengetahuan atau seni yang terus berkembang. Kita nantikan bersama munculnya Crop Circle yang baru

http://id.shvoong.com/exact-sciences/astronomy/1976258-crop-circle/


Responses

  1. If been seeing UFO in the land, while I’m a kid.
    Then I’d believe the UFO after I’d read the Qor’an.
    Thx
    Djabal


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: